Minggu, 26 April 2009

UKURAN PERSIL TANAH YANG TERSEDIA

Ukuran persil tanah dan dana yang tersedia merupakan unsur yang mempengaruhi bentuk, ukuran dan jumlah ruang yang dapat dibangun.

Dengan ukuran persil tanah dan dana yang besar tentu saja memungkinkan perencanaan ruang lebih leluasa, baik dalam bentuk, ukuran dan jumlah ruangan. Akan tetapi ukuran tanah dan dana yang besar tidak merupakan jaminan, bahwa rumah yang direncanakan pasti dapat terwujud dengan baik, jika tidak memperhatikan unsur dan faktor perencanaan
Dilakukan tanpa proses dan teknik yang benar.

Sebaliknya jika ukuran tanah dan dana terbatas, tidak berarti bangunan yang direncanakan pasti kurang baik, kurang indah, dan kurang menyenangkan. Walaupun ukuran tanah dan dana terbatas, tetapi jika perencanaan dilaksanakan dengan benar, akan terwujud rumah yang cukup baik dan memenuhi persyaratan.

Dalam perencanaan rumah pada tanah yang kecil dan dana terbatas, perlu diperhatikan hal-hal berikut :

1. Pemilihan bentuk/ukuran dan jumlah ruangan dibatasi, asal cukup memenuhi standar minimal ruangan dan sesuai dengan kebutuhan.

2. Rangkaian ruangan direncanakan seefisien mungkin tanpa pemborosan ruang yang tidak berfungsi, dalam hal ini penggunaan gang atau lorong dihindari atau dibatasi seminimal mungkin.

3. Bahan bangunan, terutama bahan untuk atap dan dinding, dipilih dari bahan yang ringan, asal cukup tahan terhadap pengaruh iklim dan dapat menyekat panas dengan baik.

4. Dengan penggunaan bahan bangunan yang ringan, maka dapat digunakan konstruksi ringan/kecil dan hal ini berarti penghematan dana ( biaya).

Tidak ada komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Referensi Buku

  • Dasar Perencanaan Rumah Tinggal by Tutu TW. Surowiyono

Baris Video

Loading...