Minggu, 26 April 2009

HOBI DAN SELERA

Hobi dan selera bukanlah kebutuhan pokok. Maka tidak mutlak harus dibuat ruang untuk kegiatan hobi. Tetapi jika mungkin dibuat ruang untuk menampung hobi dan sesuai dengan selera tentu lebih baik.

Selera mode dan gaya perlengkapannya (furniture) berpengaruh besar terhadap bentuk dan ukuran ruang. Misalnya, pemilik rumah menghendaki perlengkapan bergaya klasik yang berukuran besar-besar, maka dengan sendirinya diperlukan ukuran ruang yang besar.

Untuk menentukan ukuran ruang sesuai dengan jumlah dan mode perlengkapan yang dipilih, dapat dilakukan dengan cara membuat miniatur ukuran perlengkapan mebel (furniture) dengan skala tertentu, misalnya 1 : 50 atau 1 : 100. Miniatur ini menunjukan ukuran panjang dan lebar perlengkapan dan disebut tempelates perlengkapan. Dengan tempelates perlengkapan disusun rangkaian perlengkapan yang efesien menurut selera masing-masing. Setelah rangkaian perlengkapan tersusun, kemudian di tarik garis tepi sekeliling rangkaian perlengkapan itu. Garis keliling perlengkapan tersebut merupakan ukuran ruang yang dibutuhkan.

Tidak ada komentar:

Referensi Buku

  • Dasar Perencanaan Rumah Tinggal by Tutu TW. Surowiyono