Minggu, 26 April 2009

KAMAR TIDUR

Kamar tidur adalah tempat untuk beristirahat penuh (tidur). Maka itu kamar tidur harus bebas dari gangguan dari suara bising, udara panas, lembab, dan lain-lain, agar dapat menjadi tempat beristirahat yang sebaik-baiknya.

Usaha untuk menghindari gangguan-gangguan tersebut dapat dilakukan dengan cara penempatan kamar pada bagian yang tenang., jauh dari garasi dan dapur, penempatan lubang udara (ventilasi) yang baik, penempatan jendela sebagai lubang cahaya yang baik dan benar, sehingga sinar matahari dapat menyinari ruangan sesuai dengan kebutuhan.

Kamar tidur dapat dibagi dalam beberapa kelas menurut fungsi dan kegunaan tertentu.Misalnya, kamar tidur utama untuk kepala keluarga, kamar tidur kedua untuk anak, kamar tidur ketiga untuk tamu, kamar tidur keempat untuk pembantu rumah tangga.

Dengan adanya klasifikasi, bentuk dan ukuran kamar dapat direncanakan lebih terperinci sesuai dengan fungsi dan kebutuhannya. Disamping itu tata letak kamar tidur dapat direncanakan lebih fungsional dan strategis, dengan adanya klasifikasi, maka tata letak kamr tidur untuk kepala keluarga dapat direncanakan pada tempat yang paling strategis, agar kepala keluarga dengan mudah dapat mengawasi hampir seluruh kegiatan yang terjadi di rumah.

Tidak ada komentar:

Referensi Buku

  • Dasar Perencanaan Rumah Tinggal by Tutu TW. Surowiyono