Minggu, 26 April 2009

RUANG BELAJAR dan RUANG KERJA

Ruang belajar dan ruang kerja ini juga dapat dipisahkan atau dibuat menjadi satu ruang, karena adanya persamaan sifat kedua ruang tersebut. Ruang kerja yang dimaksud dalam hal ini bukan ruang kerja semacam bengkel kecil, akan tetapi semacam kantor pribadi dengan kegiatan pokok membaca, menulis, dan sejenisnya.

Dilihat dari fungsinya, kedua ruang tersebut memerlukan perlengkapan pokok yang sama, misalnya, meja tulis, kursi kerja, lemari atau rak untuk menyimpan buku/arsip surat. Selain itu kedua ruang tersebut memerlukan suasana yang tenang agar dapat berfungsi dengan baik sebagai tempat bekerja dan belajar.

Dalam kaitan suasana tersebut, ruang kerja/belajar ditempatkan pada bagian rumah yang tenang. Seandainya ruang kerja itu merupakan kantor pribadi pemilik rumah, maka letak ruang kerja itu sebaiknya pada bagian depan rumah dan mempunyai hubungan langsung dengan jalan keluar. Tata letak demikian ini dimaksudkan agar tamu yang datang untuk urusan pekerjaan dapat langsung masuk ke dalam ruang kerja, tanpa harus melalui ruang tamu atau ruang lain yang bersifat pribadi.

Tidak ada komentar:

Referensi Buku

  • Dasar Perencanaan Rumah Tinggal by Tutu TW. Surowiyono